#header img { max-width: 99%; max-height:90%; margin:1px 1px;padding:0px;} .post img { vertical-align:bottom; max-width:90%; max-height:90% } #navigation img { vertical-align:bottom; max-width:80%; }

Jumat, 20 Februari 2015

Tipe Temen Yang Boleh Kamu Unfriend di Media Sosial



Nggak bisa dipungkiri, media sosial adalah tempat paling mudah untuk bersilaturahmi saat ini. Sayangnya, meski memperdekat jarak antara temen-temen yang jauh, media sosial dijadiin tempat buat nyampah untuk sebagian besar orang.
Kalau kamu setiap hari kzl dan zbl karena media sosial gak ngenakin. Gak ada salahnya untuk 'membuang' beberapa orang dari kehidupan online kamu. Serius. Awalnya memang berat, apalagi kalo terpaksa ketemuan, tapi yah gimana ini semua demi kebaikan jangka panjang.
Ya tapi jangan sembarangan unfriend ya, hanya beberapa orang ini yang menurut MBDC layak di unfriend. Ini dia tipe temen yang boleh kamu unfriend:

Di Facebook:

• Yang Jualan Online

Kamu gak tahu dia siapa, kamu gak ngerti kenapa kamu di-tag terus, ternyata oh ternyata Facebook temen kamu sudah dibajak oleh online shop. Hasilnya timeline kamu pun berisikan barang jualan yang tidak kamu inginkan. Segera unfriend sebelum Facebook kamu juga kena phishing.

• Yang Masih Debat Capres

Presidennya udah kepilih, lah ini masih ada aja yang berdebat mana calon presiden yang lebih baik, mending debatnya bermanfaat, lah ini diisi asumsi doang, kan males ngeliatnya. Memang ada kemungkinan kalau orang yang berdebat itu adalah orang yang kamu kenal, biasanya sih orang yang umurnya lebih tua dan dapet info dari broadcast message. Unfriend aja daripada kamu gedeg.

• Share Berita Gak Jelas

Kamu baru aja buka Facebook, tau-tau ada berita-berita ala Pos Kota yang tidak kamu inginkan. Judulnya biasanya nyakitin mata. Topiknya juga malesin. Lihat dah siapa yang ngeshare, langsung aja unfriend, daripada kamu selamanya harus menyaksikan berita-berita gak jelas. Ya kan.

• Debat Soal Agama

Debat politik aja udah bikin pusing. Lah ini debat agama. Biasanya debat macam ini panjang dan tak berisi. Karena nulisnya udah gak lagi pake logika, tapi pake emosi. Siapapun yang ngerasa kalo agama bisa dibahas di Media Sosial udah jelas ada yang salah dengan cara pikirnya. Jangan sampe kamu ikut yang gini-ginian. Selain capek dan gak ada gunanya, hanya bikin orang yang ngeliatnya kesel, bukannya tercerahkan.

Di Twitter:

• Avatar Telor

Temen kamu baru bikin Twitter. Twit pertamanya kalo gak "Halo" pasti "Coba-coba nih". Yaudah deh. Namanya juga temen di follow aje. Eh tapi, setelah beberapa bulan ngefollow doi, avatarnya masih juga belum menetas, terus ngetwitnya juga jarang. Aelah ngapain bikin Twitter coba. Unfollow aje.

• Twit Terakhir 2 Tahun Lalu

Ada masanya temen kamu ini aktif banget di Media Sosial. Twitnya selalu enak diikuti. Seru dan lucu. Tapi, itu cerita 2 tahun yang lalu. Media Sosialnya sekarang isinya cuma buangan dari Instagram atau Path. Kamu udah ngefollow dia di IG dan Path, ngapain juga dapet spam-an dari dia lagi. Segera unfollow.

• Yang Pacaran Sama Mantan Kamu

Ini mah udah jelas ngapain ditemenin. Kehadirannya di linimasa hanya akan ngebuat kamu males. Kalo tipe yang woles di linimasa sih oke aja. Lah kalo romantis-romantisan. Yakin mau lihat mantan yang masih kamu sayang bales-balesan twit unyu?

• Gak Folbek

Kamu ngefollow temen kamu dengan tujuan baik. Pengen saling berbagi. Kali aja dia punya hal-hal seru yang bisa kamu bahas pas ketemu. Gimana mau saling berbagi kalo dia ngefollow balik aja kagak? Yakin dia nganggep kamu temen?

• Isinya Twit Buzz Semua

Kamu ngerti temen kamu ini selebtwit. Berkat dia jadi selebtwit, kamu bisa ditraktirin makan. Tapi, belakangan ini twitnya yang bikin seger linimasa berganti sama iklan ini itu. Liburan kemana lah. Operator seluler itu lah. Bingung kan? Ngapain kamu follow iklan berjalan? Toh kamu juga masih ketemu dia di dunia nyata. Mendingan unfollow.

• Temennya Mantan

Pembersihan linimasa harus segera dilakukan. Terutama, ketika kamu putus dengan seseorang yang kamu sayang. Temen-temennya yang udah capek-capek kamu baikin selama ini udah gak ada lagi gunanya sama kamu. Apalagi kalo mereka turut ngedorong doi menjauh dari kamu. Daripada bikin kamu teringat lagi, unfollow dengan pelan dan kalo bisa tanpa ketahuan. Menghindari kamu jadi bahan gosipan, tentunya.

Di Path:

• Tag Massal

Pernah dapet notif buanyak banget dan setelah kamu cek orang-orangnya gak kamu kenal? Kemungkinan besar oknumnya adalah seorang temen kamu yang ngetag massal dan kamu sialnya adalah salah satu orang di dalamnya. Biasanya sih yang ginian postingannya ucapan selamat hari besar. Sabar-sabar dah ya. Kalo emang udah males banget, barulah manfaatin kesempatan ini untuk unshare dia.

• Lagi Macet Tapi Selfie

Statusnya sih lagi keseeel, tapi kok fotonya gak nyambung? Fotonya malah doi lagi selfie di tengah kemacetan. Orang yang kayak gini adalah orang yang termasuk gak konsisten. Kemungkinan lain, dia emang gemar sekali selfie. MBDC yakin, foto selfie di tengah kemacetan bukanlah satu-satunya foto selfie yang pernah dia buat. Pasti orang ini pernah juga selfie pas banjir kan? Atau selfie pas lagi di depan minimarket? Sudah jelas pantas di unshare!

• Yang Ngeshare Foto Bayi (tapi bukan anaknya)

Foto bayi itu cute. Asal jangan overload. Temen kamu belakangan ini jadi rajin upload foto anak. Anehnya, seinget kamu dia belum nikah. Apakah anak ini adalah anak yang dateng tiba-tiba? Apakah dia mendapatkan bayi titipan? Ternyata setelah kamu selidiki, anak-anak yang dia foto adalah anak orang lain. Apa coba? Gak kerjaan banget. Kalo dia beda lawan jenis dan belom punya pacar, mendingan kamu ajakin bikin aja dah daripada share foto terus.

• Aura Negatif

Di dunia ini, ada orang-orang yang entah kenapa sedih mulu. Seakan-akan dunia ini udah mau kiamat. Kayaknya ada aja yang salah sama hidupnya. Seringkali kamu nggak tahu apa yang terjadi sama dia sehingga dia gitu, kalo ketemu sih ketawa-tawa aja, tapi di media sosial doi depresif banget. Males kan kamu mau tidur, eh harus baca-baca cerita menyedihkan dia. Mendingan di unshare aja deh. Kalo dia jadi sedih gara-gara kamu unshare, yaudah nasehatin aje, kalo hidup itu indah.
Nyanyi dulu ah

• Gebetan Gagal Jadian

Coba perhatiin lagi deh temen-temen Path kamu. Kamu itung lagi orang-orang yang bener kamu kenal, bener-bener deket sama kamu atau bener-bener penting. Kemungkinan besar ada teman path kamu yang merupakan gebetan yang gagal jadian. Kamu bingung apa yang harus dilakukan dengannya. Saran MBDC, cepat putusin kontak, toh gak berhasil juga, gak akan ngaruh apa-apa. Pacaran bertahun-tahun aja bisa dilupain apalagi gebetan gagal jadian. #sekaliancurhat

Di Instagram:

• Boros hashtag

Ada kan tuh, orang-orang yang rajin banget update foto, fotonya keren-keren lagi, tapi yah entah kenapa harus banget ada hashtag yang banyak dan gak nyambung. Ganggu bangeeeet. Seberapa keren pun foto-fotonya, hashtag porn-nya menghancurkan semua itu. Maap dah.

• Yang Postingannya Bikin Iri

Seorang teman yang baik adalah teman yang mengerti perasaan kamu. Lah ini, postingannya bikin iri mulu. Jalan-jalan mulu. Pemandangan mulu. Makanan mahal mulu. Daripada kamu stress sendiri ngeliatnya, yaudah unfollow aja.
Setelah diunfriend, inget ya kamu harus menanggung resiko yang terjadi setelah temen kamu menyadari kalau dia di unfriend. Hadapi dengan senyuman aja. Tenang, dia pasti ngerti kok. Kalo gak ngerti, yah itu urusan kamu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar