#header img { max-width: 99%; max-height:90%; margin:1px 1px;padding:0px;} .post img { vertical-align:bottom; max-width:90%; max-height:90% } #navigation img { vertical-align:bottom; max-width:80%; }

Jumat, 20 Februari 2015

Kebudayaan Indonesia Yang HARUS Masuk Warisan Dunia UNESCO



Kekerenan Indonesia gak usah dipertanyakan lagi. Segala hal di Indonesia ada. Banyak yang negatif, tapi banyak juga yang positif kok! MBDC selalu menyempatkan untuk memberi apresiasi pada kehebatan Indonesia dalam berbagai bidang. MBDC pernah membahas ilustrator Indonesia, orang Indonesia yang jago tapi gak dianggap di negeri sendiri, filmmaker Indonesia yang berprestasi dan banyak lagi lainnya.
Menurut MBDC sih ya, masih banyak hal lain yang harusnya mendunia! Terutama, kebudayaan Indonesia. Tahu dong ya Indonesia berlimpah budaya yang beragam, yang sering nonton Jalan-Jalan Men pasti tahu nih. Sekarang saatnya MBDC merekomendasikan kebudayaan Indonesia yang HARUS, WAJIB, KUDU masuk warisan dunia UNESCO. Ini dia daftarnya:

1. Tanjidor

Inget gak sama adegan di atas ini?
Kalau kamu anak 90an pasti langsung ngeh sama adegan yang bikin ngakak itu. Benda yang dipake sama Atun itu namanya Sousaphone dan alat musik yang satu ini jadi bagian penting dalam ansambel tanjidor.
Buat yang belum tahu, tanjidor adalah kesenian Betawi yang berbentuk orkes. Awalnya, diperkenalkan oleh bangsa Portugis kemudian diadopsi menjadi milik rakyat Betawi. Tanjidor pun berkembang menjadi bentuk kesenian yang lekat dengan rakyat Betawi dan selalu dimainkan dalam acara kebudayaan maupun acara pernikahan.

2. Tenun Ikat

Karena kebudayaan Indonesia yang beragam dari ujung ke ujung, seringkali setiap daerah mempunyai kekhasan tersendiri, entah itu makanan, cara berinteraksi atau pakaian. Dalam hal pakaian, setiap daerah punya andalannya. Kalau selama ini hanya Batik yang ditonjolkan, sudah saatnya jenis pakaian lain dibuat terkenal juga.
{source name="Tenun Ikat Musa" url="http://tribunnews.com"}
Tenun Ikat Musa via tribunnews.com
Di dunia fashion, tenun ikat sudah mendapat pengakuan dan dipakai sebagai bahan eksperimentasi oleh banyak desainer. Sayangnya, inovasi ini belum cukup membawa tenun ikat ke ranah mainstream. Kalau banyak yang make dan populer pasti bisa deh diajuin menjadi warisan dunia oleh UNESCO. Tenun ikat juga bisa mengenalkan Indonesia timur lebih luas lagi ke mata dunia.

3. Karapan Sapi

{source name="Karapan Sapi" url="http:/sinarpaginews.com"}
Karapan Sapi via http:/sinarpaginews.com
Salah satu acara kebudayaan yang cukup beda ada di Indonesia bagi MBDC adalah karapan sapi. Secara sederhana sih karapan sapi mirip konsepnya dengan pacuan kuda. Uniknya, perlombaan yang diadakan setiap tahunnya ini awalnya adalah untuk mencari sapi mana yang paling kuat untuk digunakan membajak sawah. Kebiasaan ini berlanjut hingga akhirnya menjadi hiburan tersendiri bagi rakyat Madura. Tentunya, jika jadi warisan dunia, bisa aja karapan sapi terkenal adu banteng di Spanyol.

4. Candi Sukuh

{source name="Candi Sukuh" url="http://roda2blog.com"}
Candi Sukuh via roda2blog.com
Pernah ngeliat Machu Picchu gak? Tempat tinggal bangsa Inca ini sekarang menjadi lokasi wisata yang terkenal. Kalo kamu belum bisa ke Peru, kamu main main ke Desa Berjo deh. Ada satu candi yang bentuknya menyerupai bangunan yang berada di Machu Picchu.
Banyak yang berspekulasi kalau relief dan candi yang berada di lokasi ini dibuat oleh "bangsa ekstraterrestrial" yang sama. Bener apa nggaknya telah menjadikan Candi Sukuh tempat yang menarik untuk dipelajari.

5. Nasi Goreng

Makanan paling mainstream yang bisa kamu temui di tempat makan apapun di seluruh Indonesia. Dari tempat makan pinggiran sampe fancy dining pasti ada deh nyelipin nasi goreng sebagai makanan utamanya. Wajar kalo nasi goreng udah pantes dipatenkan dan dimasukin ke waris dunia.
Terbukti juga, artis internasional macam Michelle Branch sampe Barack Obama menyukai nasi goreng. Udah saatnya nasi goreng Go International!

6. Kota Wisata Cibubur

{source name="Kota Wisata Cibubur" url="http://messes.wordpress.com"}
Kota Wisata Cibubur via messes.wordpress.com
Gimana kalo Amerika, Inggris dan negara-negara lainnya dilanda apokalips besar dan yang bertahan cuma Indonesia? Pasti mereka yang mengungsi akan terkaget ketika datang ke Cibubur dan ada sebuah kota yang menyerupai kota-kota besar tempat mereka besar. Jelas peranan Kota Wisata Cibubur akan jadi besar. Sebelum itu terjadi, sangat layak Kota Wisata Cibubur menjadi warisan Indonesia untuk dunia.
Gila! Itu baru 6 loh yang MBDC tulis. Masih banyak lagi sebenernya yang harus masuk. Kayak keris, silat, pantun, kebaya, sasando dan waahhh susah deh kalo MBDC tulis semuanya di sini. Kamu punya masukan? Kasih komen terbaikmu dong! Kali aja ada sesuatu dari daerah kamu yang perlu diangkat.
PS: Plis jangan budaya kimcil atau semacamnya, capek bacanya, masa di artikel positif masih juga nyempil gituan, ye gak?

3 komentar:

  1. nice post gan
    menarik nih dan sangat bermanfaat sekali info nya
    di tunggu info selanjutnya, thanks ya

    BalasHapus
  2. nice post gan
    ijin nyimak ya info nya
    terimakasih

    BalasHapus
  3. mantap gan
    info nya sangat bermanfaat gan
    ditunggu update nya

    BalasHapus