#header img { max-width: 99%; max-height:90%; margin:1px 1px;padding:0px;} .post img { vertical-align:bottom; max-width:90%; max-height:90% } #navigation img { vertical-align:bottom; max-width:80%; }

Jumat, 20 Februari 2015

7 Hal Yang Pasti Diketahui Anak Jatinangor



Jatinangor. Sebuah kawasan yang dulunya hanyalah sawah hijau yang kini telah berubah jadi semacam kota kecil dengan segudang ceritanya. Semua karena kini Jatinangor adalah pusat lain perkuliahan di Jawa Barat. Dengan dua kampus besar berada di Jatinangor, Unpad dan ITB gak heran kalau banyak hal terjadi di kawasan ini.
Setelah sebelumnya, MBDC bahas Pamulang, Ciledug dan Depok. Sekarang giliran Jatinangor nih yang dibahas. Kalo kamu pernah atau masih berkuliah di Jatinangor pasti ngerti sama 7 hal ini deh:

1. Kondom di Got

Nemuin kondom bekas tercecer di got bukanlah hal yang gak biasa kalo kamu main-main ke Jatinangor. Ngerti dong ya kondom ini berasal dari mana datengnya. Apalagi biasanya ditemuin deket hotel atau kos-kosan. Hemmm.

2. Tempat Makan 24 Jam

Namanya juga anak kuliah ya. Gejolak masih tinggi, selain poin nomer 1, anak-anak Jatinangor seringkali ngabisin waktunya buat begadang. Maka gak heran, tempat makan 24 jam berjamuran dengan tentunya diisi anak-anak kuliah gak bisa tidur.
Entah itu, tempat makan kayak Cherry's Corner atau Cafe Daun hingga warteg semua tersedia kalo ada yang pengen berburu kuliner di malam hari atau sekedar melepaskan suntuk.

3. Bioskop Cuma 1

Nasib tersial yang bisa dialami sama anak Jatinangor mungkin adalah keberadaan bioskop yang cuma satu. Masih untung dah bioskopnya 21. Harganya murah bangeeet, cuma 20 rebu.
Bioskop Jatos ini baru buka di tahun 2007 dan mulai rame kalo malem hari. Semua dah anak Jatinangor numpuk disitu.

4. Sejuk

Keuntungan berkuliah di daerah pedalaman tentu saja cuacanya yang cenderung stabil, tau dong ya kalo Jawa Barat cenderung dingin. Meskipun sekarang Nangor udah diisi sama kos-kosan dan pusat perbelanjaan yang mensesaki kawasannya, tapi tetep kok sejuknya ada. Mata juga ikutan seger karena pemandangan gunung dan sawah yang kinclong. Asik pokoknya.

5. JATOS

jatos_baru_0
Semua anak Jatinangor pasti tau deh kalo mau nongkrong harus kemana. JATOS adalah satu-satunya mall yang ada di Jatinangor dan tentunya secara otomatis jadi pilihan buat yang udah bingung mau kemana. Posisinya yang strategis di antara empat kampus yang ada di Nangor dan di daerah pemukiman yang padat jadiin JATOS tempat tujuan buat yang kangen suasana kota.

6. Tempat Tinggal Makin Mahal

Meskipun kawasannya tergantung kecil, tapi karena diisi oleh pendatang, usaha kos-kosan atau apartemen menjamur banget di Jatinangor. Gak heran kalo harganya melambung seiring tingginya minat sama anak-anak dari seluruh Indonesia yang pengen berkuliah di ITB ataupun Jatinangor. Kabarnya sih sekarang udah bukan jutaan lagi kalo mau tinggal di Nangor, bisa sampe puluhan juta! Gile!

7. Culture Shock

Karena kawasannya berubah jadi semacam "Melting Pot" tempat ngumpul anak muda dari seluruh Indonesia, jadi deh warga sekitar terkena dampaknya. Kalau jaman dulu, pertanian jadi sektor bisnis yang digemari sekarang udah digeser sama kos-kosan dan apartemen. Selain itu, budaya sunda juga lama-lama terkikis. Gak baik juga sih, tapi mau gimana, itulah kenyataannya.
7 hal di atas adalah beberapa hal yang MBDC berhasil inget tentang Jatinangor. Mungkin kamu mau nambahin? Atau mau ngebantah? Sok atuh comment aja langsung atau share sama temen-temen kamu yang pernah mengarungi hidup di Jatinangor!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar